Paruman Desa Membahas Rangkaian Kegiatan Nyepi Tahun Caka 1945

12 Maret 2023
Administrator
Dibaca 288 Kali
Paruman Desa Membahas Rangkaian Kegiatan Nyepi Tahun Caka 1945

Saniscara Umanis (Sabtu) 11 Maret 2023, diselenggarakan paruman desa dalam rangka membahas rangkaian pelaksanaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1945, bertempat di bale paruman Pura Desa Adat Runuh Desa Sarimekar.

Kegiatan dihadiri oleh Kelian Desa Adat, Ketut Sandi berserta prajuru Desa Adat, Pemerintah Desa Sarimekar dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Desa Sarimekar Ketut Sujana Yasa Saputra, Bhabinkamtibmas Aiptu Nyoman Budiarsana, Babinsa Serda Silvester Andreias, Kelian Pecalang Putu Suwena serta para kelian dadia dan undangan lainnya.

Dalam paruman ini, Bhabinkamtibmas Desa Sarimekar Aiptu Nyoman Budiarsana memyampaikan himbauan agar semua elemen masyarkat Desa, menjaga situasi Nyepi agar tetap kondusif.

paruman-pelaksanaan-nyepi-01

Adapun hasil paruman pembahasan serangkaian kegiatan pelaksanaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1945, disepakati hal-hal sebagai berikut:

  1. Upacara pecaruan tawur agung kesanga yang jatuh pada Tilem Kasanga (Selasa21 Maret 2023) akan dilaksanakan mulai pukul 14.00 Wita
  2. Kegiatan Parade Ogoh-Ogoh akan dilaksanakan setelah selesai upacara pecaruan tawur agung kasanga dengan melibatkan 15 Ogoh-ogoh dari 3 Banjar Dinas, dengan rute diawali dari depan Pura Desa lanjut diarak menuju keselatan (Wilayah Banjar Dinas Lebah Mantung) dan selanjutnya kembali ke utara menuju Setra Purwa Dalem Kelod (Banjar Dinas Delod Margi) untuk selanjutnya di bakar.
  3. Melasti yang merupakan rangkaian Hari Raya Nyepi dilaksanakan pada hari Redite Umanis (Minggu) tanggal 26 Maret 2023 pada pukul 08.00 Wita

paruman-pelaksanaan-nyepi-02